Wednesday 5 August 2015

0

Gagal Ginjal | Penyebab, Ciri - Ciri, Pengobatan

Gagal Ginjal | Ciri-Ciri, Penyebab, Pengobatan, - Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi untuk para Netter tentang penyakit Gagal Ginjal | Ciri-Ciri, Penyebab, Pengobatan

Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ penting didalam sistem ekskresi atau proses pembuangan zat-zat sisa metabolisme dalam tubuh dalam tubuh manusia, karena ginjal sebagai alat untuk menyaring darah yang bentuknya mirip seperti kacang. Setiap manusia memiliki 2 buah ginjal panjang ginjal anatara 10 cm - 15 cm. Beratnya kurang lebih 200 gram terletak di dalam rongga perut agak keatas dan di dekat tulang belakang. Posisi ginjal sebelah kiri lebih tinggi dari ginjal sebelah kiri.

Fungsi Ginjal :


  1. Menyaring / Membersihkan darah
  2. Mengatur Volume Darah
  3. Mendaur Ulang Air, Mineral, Glukosa & Gizi
  4. Mengatur Keseimbangan Kimia Darah
  5. Menjaga Darah Agar Tidak Terlalu Asam
  6. Penghasil Hormon

Gagal Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.
Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialami mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

Penyebab Gagal Ginjal

Penyakit Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Menderita penyakit kanker (Cancer)
Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan /striktur)
Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista 
pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi.

Ciri - Ciri Dan Gejala Gagal Ginjal :

Ciri dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain :
  1. Bengkak pada kaki & mata
  2. Nyeri pinggang hebat (kolik)
  3. Kencing sakit
  4. Demam
  5. Kencing sedikit
  6. Kencing merah /darah
  7. Sering kencing.
  8. Kelainan Urin :
  • Protein,
  • Darah / Eritrosit,
  • Sel Darah Putih / Lekosit,
  • Bakteri.

Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain :
  1. Lemas,
  2. Tidak ada tenaga,
  3. Tidak nafsu makan,
  4. Mual,
  5. Muntah,
  6. Bengkak-bengkak
  7. Kencing berkurang,
  8. Gatal,
  9. Sesak napas,
  10. Pucat / anemi.
  11. Kelainan Urin :
  • Protein,
  • Eritrosit,
  • Lekosit.
  • Seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal sangat perlu dimonitor pemasukan (intake) dan pengeluaran (output) cairan, sehingga tindakan dan pengobatan yang diberikan dapat dilakukan secara baik. Dalam beberapa kasus serius, Pasien akan disarankan atau diberikan tindakan pencucian darah {Haemodialisa (dialysis)}. Kemungkinan lainnya adalah dengan tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal.

PENGOBATAN

Kulit Manggis Memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat kuat melebihi kekuatan antioksidan yang dihasilkan oleh vitamin C dan E. Kandungan Antioksidan dalam kulit manggis mampu membantu ginjal berfungsi normal kembali. Daun sirsak memiliki khasiat mencegah infeksi sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun sirsak juga memiliki kandungan Annonaceous Acetogenin, yang merupakan zat anti kanker. Zat ini mampu membunuh sel kanker secara selektif tanpa mengganggu sel sehat di dalam tubuh, dan tidak menimbulkan efek samping seperti yang terjadi pada terapi kemo. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa daun sirsak memilki daya kerja 10.000 kali lebih kuat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan mampu membuat ginjal berfungsi kembali. Madu memiliki kandungan glukosa, fruktosa, protein, enzim, asam amino, mineral, tepung sari bunga, asam-asam organik, sukrosa, oligosakarida, melezitosa dan maltosa. Perpaduan bahan-bahan alami ini mampu mengobati Gagal Ginjal

Semoga artikel tentang Gagal Ginjal | Penyebab, Ciri - Ciri, Pengobatan diatas dapat berguna dan bermanfaat buat anda. Baca juga 7 Penyebab Hipertensi dan tolong bantu bagikan ke Google Plus, Twitter dan Facebook. Terima kasih!!!.

0 comments:

Post a Comment