Wednesday 5 August 2015

0

Hipertensi | Gejala Dan 7 Penyebab Hipertensi

Hipertensi | Gejala Dan 7 Penyebab Hipertensi- Artikel ini saya akan membahas tentang penyakit Hipertensi atau disebut juga Darah Tinggi

Hipertensi (Darah Tinggi)

Hipertensi (HTN) atau disebut juga tekanan darah tinggi, kadang-kadang dis

ebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Hipertensi terbagi menjadi hipertensi primer (esensial) atau hipertensi sekunder. Sekitar 90–95% kasus tergolong "hipertensi primer", yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal, arteri, jantung, atau sistem endokrin menyebabkan 5-10% kasus lainnya (hipertensi sekunder).

Gejala  Hipertensi (Darah Tinggi) :

  1. Sakit Kepala
  2. Pandangan Menjadi Kabur
  3. Sulit Bernafas
  4. Kebingungan
  5. Mengantuk
Namun ciri ciri tekanan darah tinggi diatas tidak selamanya dialami oleh penderita hipertensi, ataupun ketika kita mengalami gejala diatas bukan berarti kita mengidap penyakit hypertensi. Karena gejala pada setiap orang itu berbeda beda, jadi lebih baik lakukanlah pemeriksaan tensi darah dengan pergi kedokter. Agar hasilnya lebih pasti.

Penyebab Hipertensi Atau Darah Tinggi

Penyebab hipertensi atau darah tinggi bisa disebabkan karena faktor umur tetapi saat ini bukan hanya faktor umur yang menjadi penyebab hipertensi atau darah tinggi, biasanya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit hipertensi berbagai obat-obatan herbal saat ini banyak dijual untuk mengatasi penyakit tersebut selain menggunakan obat herbal anda juga bisa mengkomsumsi beberapa jenis makanan yang efektif untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.

7 Penyebab Penyakiit Hipertensi (Darah Tinggi) :

1. Mengalami Stres
Ternyata stres juga bisa membuat tekanan darah seseorang menjadi naik lebih tinggi, para peneliti berpendapat bahwa seseorang yang sering mengalami hipertensi bisa menderita penyakit hipertensi. Jadi bila anda sering mengalami masalah yang membuat diri anda menjadi stres sebaiknya anda mencari solusi yang tepat dan jangan memendam masalah sendirian, anda bisa bercerita pada teman terdekat agar perasaan anda bisa sedikit lebih tenang.

2. Obesitas
Penyebab hipertensi atau darah tinggi memang sangat berisiko pada orang yang gemuk. Sebagian penderita hipertensi adalah orang-orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas, Untuk itu bagi anda yang mempunyai tubuh gemuk sebaiknya mulai saat ini melakukan diet untuk mendapatkan berat yang ideal.

3. Jenis Kelamin
Menurut Dr. Gowela  para pria mempunyai risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit hipertensi, wanita juga bisa terkena penyakit ini tetapi memang para pria lah yang mempunyai risiko lebih tinggi jadi sebaiknya para pria dan juga wanita harus selalu waspada terhadap tekanan darah di tubuhnya.

4. Faktor Usia
Semakin bertambahnya usia seseorang maka akan semakin rentan dengan berbagai jenis penyakit dan salah satunya adalah penyakit hipertensi, dengan bertambahnya usia maka akan terjadi pengerasan pada pembuluh darah seseorang dan hal tersebutlah yang bisa membuat tekanan darah di dalam tubuh menjadi meningkat atau naik lebih tinggi dari biasanya.

5. Faktor Keturunan
Saat ini banyak penyakit yang bisa dialami seseorang karena faktor keturunan dan salah satu penyakit yang bisa menurun adalah hipertensi. Itulah sebabnya penting untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga untuk mengetahui resiko yang penyakit yang bisa timbul karena faktor keturunan, .

6. Menggunakan Kontrasepsi
Banyak anak muda yang mengalami penyakit hipertensi karena sering menggunakan alat kontrasepsi, penggunaan pil atau berbagai kontrasepsi. Ini dapat menyebabkan tekanan darah seseorang menjadi baik. Dan hal tersebut sudah di ungkapkan oleh sebuah studi jadi bagi anda yang sering menggunakan alat tersebut sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter atau para ahlinya.

7. Mengkomsumsi Alkohol
Bagi umat islam minuman yang mengandung alkohol sangat di haramkan. Alkohol adalah salah satu minuman yang bisa membuat tekanan darah di dalam tubuh seseorang menjadi naik secara meningkat, seseorang yang sering sekali minum alkohol bisa berisiko terkena hipertensi. Maka dari itu banyak orang yang tidak memperbolehkan mengkomsumsi alkohol karena minuman ini memang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia,

Semoga artikel tentang 7 penyebab hipertensi diatas berguna dan bermanfaat buat anda. Baca juga kanker serviks dan tolong bantu bagikan ke Google Plus, Twitter dan Facebook. Terima kasih!!!.

0 comments:

Post a Comment